a traveler, a backpacker, food lover

Sabtu, 01 Oktober 2011

5 Langkah Menjadi Penulis Online

Tidak ada komentar :
Apakah anda belum memiliki pekerjaan tetap dan senang menulis? Apakah tulisan-tulisan Anda hanya disimpan dalam lemari besi yang kuncinya hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri? Jangan sia-siakan waktu Anda. Cobalah untuk menjadi seorang penulis online. Tulisan Anda tidak akan menjadi catatan usang, bahkan dibayar. Namun, bagaimanakah caranya untuk memulai karir sebagai penulis online?

Perkembangan teknologi terutama internet menjadikan informasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Rasa penasaran dan keingintahuan manusia yang tinggi akan informasi terbaru di luar lingkungannya, membuka peluang yang besar bagi penulis online sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Sebagai seorang yang memiliki bakat menulis, segera tangkap peluang tersebut. Selain untuk mengasah kemampuan menulis, pundi-pundi uang anda pun akan terisi uang sebagai upah jerih payah Anda dalam menulis.

Berikut lima langkah dasar untuk menjadi penulis online.

1. Cari portal media yang membuka kolom untuk penulis tamu di internet Sebagai pemula yang akan memulai menjadi penulis online, cobalah untuk mencari portal media yang menyediakan kolom untuk menulis. Daftarkan diri Anda sebagai member dan sering-seringlah mengirimkan tulisan di portal media itu. Bila tulisan Anda berkualitas dan memiliki informasi baru yang diinginkan oleh banyak orang, bisa saja tulisan Anda dijadikan tulisan berita untuk portal media mereka. Selain membuka peluang sebagai penulis online, Anda juga sudah memiliki relasi dan pembaca tetap yang menyukai tulisan-tulisan Anda.

2. Miliki blog atau website Anda sendiri

Cara lain yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang penulis online adalah dengan memiliki blog atau website sendiri. Buatlah tulisan dengan satu topic khusus yang mungkin dibutuhkan oleh orang banyak, dan fokuslah. Contohnya menulis tentang makanan, politik, atau catatan harian yang menarik untuk dibaca. Sebarkan blog atau website Anda, siapa tahu ada media portal yang membutuhkan materi tulisan sesuai dengan isi blog atau website Anda.

3. Jeli melihat perubahan di sekitar lingkungan Anda

Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak ada hal menarik di lingkungan sekitarnya. Padahal, mungkin saja ada sesuatu perubahan yang terjadi dan sangat menarik untuk orang lain yang tidak mengetahuinya. Tulislah perubahan di lingkungan sekitar Anda itu dalam bentuk berita dan tawarkan ke portal media. Bila tulisan Anda berisi informasi terbaru yang dibutuhkan banyak orang dan layak untuk dipublikasikan, Anda pasti akan mendapat bayaran untuk tulisan tersebut. Siapa tahu Anda juga mendapat tawaran untuk menjadi penulis online tetap di portal media mereka.

4. Ikut lomba menulis di media online

Jangan takut untuk mengikutsertakan tulisan-tulisan Anda dalam lomba menulis di media online. Siapa tahu tulisan Anda berhasil memenangkan lomba tersebut. Biasanya, portal media melihat latar belakang penulis online yang akan mereka rekrut. Mungkin saja lomba menulis yang Anda menangkan bisa menjadi kredit point bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis online.

5. Asah terus kemampuan menulis Anda

Sebagai seorang penulis online, Anda dituntut untuk mampu menulis semua topic seperti politik, hiburan, hukum, lingkungan, penelitian, dan sebagainya. Karena itu, teruslah mengasah kemampuan menulis Anda. Tentunya, dengan gaya tulisan Anda sendiri. Jadilah diri sendiri saat Anda menulis dan jangan sekali-sekali untuk menjiplak tulisan orang lain.

Seperti kata pepatah, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Silakan Anda aplikasikan lima langkah tersebut untuk mewujudkan impian Anda menjadi penulis online. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar :